RUMAH BELUM LUNAS APAKAH HARUS BAYAR PBB?

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 12/09/2014

Rumah belum lunas apa wajib bayar pajak? Pertanyaan ini kerap muncul di masyarakat kita. Sama saja kalau kita bertanya mobil atau motor belum lunas apa perlu bayar pajak? Coba aja tanya Yang pernah nyicil kendaraan., pasti tahu jawabannya..
Disini hanya akan membahas pertanyaan pertama.

Seperti yang sudah di jelaskan dalam postingan sebelumnya.. Bahwa membayar pajak bumi dan bangunan atau SPPT PBB adalah kewajiban warga negara. Kewajiban pemilik tanah dan bisa juga di bebankan pada orang atau badan yang sudah diberi hak untuk menguasai tanah /rumah tsb. Tak peduli apakah rumah tsb di dapat secara beli cash atau masih kredit. Karena SPPT PBB bukanlah tanda bukti kepemilikan. Melainkan kewajiban pajak atas objek pajak yang kita miliki atau kita kuasai.
Ingat memiliki tak sama dengan menguasai.. Sebab menguasai bisa berarti hanya diberi kuasa oleh pemilik dalam bentuk hak guna.. Misalnya Sewa rumah alias ngontrak.. Sewa tanah dsb.. ada pula dalam artian hampir sama istilah sertifikat hak milik / sertifikat hak guna bangunan (HGB)
Walaupun anda nyicil atau kredit anda sudah wajib membayar PBB karena anda sudah masuk dalam kategori hampir memiliki..
Dalam prakteknya banyak malah orang yang sewa tanah ikut serta membayar Pajak, hal tsb tentunya tergantung pada kesepakatan antara pemilik dan penyewa..
Jadi yang pernah menanyakan hal serupa.. Silahkan untuk tidak ragu membayar PBB. Jangan mencari jawaban lagi. Terlalu lama keburu menumpuk tunggakan PBBnya.. Nanti malah kena denda.. Jadi repot.

oleh

UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG BAIK, GUNAKAN SUMBER DAYA YANG BAIK.