KETIKA ANDA MENERIMA BEBERAPA SPPT UNTUK SEBIDANG TANAH

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 20/09/2014

Jika anda menerima dua atau lebih SPPT PBB dg nop (nomor objek pajak) yang berbeda padahal anda harusnya hanya menerima satu SPPT karena anda hanya memiliki sebidang tanah..
Apakah anda harus bayar semuanya?
Jawabnya tentu hanya satu SPPT saja yang wajib and bayar.. Namun Bukan yang paling murah, melainkan yang data datanya paling benar dan akurat dg keadaan tanah atau rumah anda saat ini.. Seperti luas tanah, luas bangunan, nama yang sesuai. Dan nilai njop yang sesuai dg SPPT tetangga anda.. Jangan sekali kali membayar hanya berpatokan nilai PBB yang paling murah.. Karena kedepannya yang paling akurat (bisa jadi nilai pajaknya paling mahal) akan menjadi tunggakan yang wajib anda bayar juga..
Kalau anda sudah menentukan mana yang anda pilih sbg yang paling benar.. Maka di harapkan anda melaporkan SPPT lain yang di anggap salah ke instansi pengelola PBB untuk diajukan penghapusan. Agar tahun selanjutnya anda hanya menerima satu tagihan PBB saja..
Biasanya terjadi masalah tsb karena hal berikut..
Bisa jadi anda menerima Beberapa SPPT PBB.. Karena kesamaan nama dg org lain sehinga petugas PBB salah alamat.
Atau kemungkinan sppt tsb muncul double setelah adanya perubahan data. Maksudnya sppt yang lama tak terhapus dan tercetak lagi..
Jika anda masih kurang mengerti silahkan anda datang dan berkonsultasi dg petugas pengelola PBB.. Mudah mudahan ada solusi terbaik

oleh

UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG BAIK, GUNAKAN SUMBER DAYA YANG BAIK.

Comments 4

  1. Erwin Syahputra says on 26/09/2017

    Mohon solusi.. Jika saya menjual tanah saya, gimana caranya saya menghapus PBB yang tadinya atas nama saya. karena tanah atas nama tersebut atas nama saya, saya hapus supaya PBB tidak dibebankan ke saya lagi, Thanks

    • PBB-kita says on 26/09/2017

      Tidak bisa dihapus karena objek pajaknya ada. Yang harus dilakukan yaitu pihak pembeli berinsiatif melakukan mutasi PBB ke nama pembeli.
      Kalau memang tanah telah dijual sementara tagihan pbb nya datang ke pak erwin, sebaiknya dikembalikan ke petugas agar sppt diserahkan ke pembeli karena walaupun masih nama pak erwin namun kewajiban membayar sudah jadi tanggung jawab pembeli.

  2. ajeu saptaji says on 07/07/2016

    pak, saya baru membeli dua bidang tanah yang notabene berasal dari dua pemilik tanah yg berbeda, kemudian saya jadikan satu didalam akta jual beli(AJB), tetapi yang saya terima bukanlah AJB asli melainkan AJB yang diberi cap salinan” pada saat ditanyakan ke org yg mengurusnya ternyata AJB yg asli disimpan dikantor kecamatan. yang saya tanyakan apa yg harus saya lakukan untuk mendapatkan AJB saya yg asli? dan apakah dibenarkan kantor kecamatan setempat menyimpan surat AJB asli?

    • PBB-kita says on 08/07/2016

      biasanya yang asli yang dipegang pemilik, saya sendiri tidak mengerti dasarnya apa sehingga muncul ajb salinan karena salinan muncul jika yang asli hilang. atau coba tanyakan langsung ke ppat kecamatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s