TUNGGAKAN PBB ONLINE ??!

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 06/12/2014

Ini ada pembaca yang bertanya 

kenapa gak bisa mengecek tunggakan PBB secara online dari handphone atau komputer di rumah.

Sebenarnya pertanyaan tsb masuk akal juga. Malah akupun pernah berpikiran seperti itu, namun hal tsb tentu tak mungkin bisa dengan mudah di lakukan apalagi dalam era globalisasi sekarang ini dimana internet jadi sarana yang termudah dalam segala hal akan sangat gampang bagi seseorang untuk mengetahui informasi termasuk informasi yang merugikan pihak tertentu..

Seandainya TUNGGAKAN PBB ONLINE ada, tentu bagi tetangga anda tinggal klik nama dan nop anda untuk mengetahui bahwa anda ternyata 10 tahun belum bayar PBB.

Tapi bukan masalah tsb yang membuat TUNGGAKAN ONLINE belum bisa di lakukan. Melainkan karena tiap pemda tentu memiliki kebijakan masing masing mengenai aturan dan tatacara pengelolaan PBB P2 tersebut..prinsipnya adalah demi keamanan privasi anda dan keamanan instansi pengelola PBB itu sendiri. Karena didunia maya ini semakin kita membuka diri maka semakin berbahaya.. Wajar jika semua informasi begitu dilindungi. ada memang beberapa pemda yang sudah menerapkan sistem untuk mempermudah masyarakat mengetahui informasi SPPT secara online, seperti jakarta, tangerang , tanjung pinang dan beberapa pemda lainnya. namun di bandung barat sendiri hal tsb belum di lakukan. mudah mudan kedepannya kita punya website resmi yang mampu mengakomodasi keinginam warga kbb dalam mengakses informasi PBB.

Yang dimaksud online dan dilaksanakam sekarang ini adalah begini.

Misalnya anda membayar PBB di bank bjb di sukabumi untuk tanah anda yang di bandung barat. Nah karena sudah online maka otomatis beberapa saat kemudian data anda sudah bayarpun akan bisa dilihat di bank bjb dan di bidang PBB /BPHTB kabupaten bandung barat. Namun anda sendiri tak akan bisa mengakses melalui internet. Termasuk bidang pbb dan bphtb kab sukabumi tak akan bisa melihat jumlah pembayaran anda karena yang di bayar bukan untuk sukabumi.

Atau bidang pbb bandung barat tak akan mungkin bisa melihat berapa jumlah tagihan PBB anda yang ada di wilayah kerja kota cimahi. Begitupun sebaliknya.

Jadi bagaimana caranya agar kita bisa tahu berapa tunggakan PBB kita?

Satu satunya cara adalah datang dan bertanya ke bidang PBB atau ke bank bjb atau bank lain yang di tunjuk dalam SPPT di tempat anda akan melakukan pembayaran.

oleh

UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG BAIK, GUNAKAN SUMBER DAYA YANG BAIK.

Comment 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s