SEGERA LAKUKAN PERUBAHAN NAMA DI SPPT SEBELUM WAKTU MENDESAK

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 09/12/2014

Pagi pagi sekali ada seseorang menelpon menanyakan bisa atau tidak mengajukan perubahan nama di SPPT PBB bulan sekarang. Lalu saya jelaskan bahwa untuk sementara penerimaan berkas dihentikan dulu karena akan menyelesaikan berkas yang sudah masuk sekian banyaknya agar semuanya bisa terbit saat cetak masal tahun 2015 mendatang. Dengan sedikit kesal sipenelepon bilang bahwa dirinya sangat membutuhkan sekarang untuk syarat meminjam uang ke BANK.
SI PENELPON bukanlah orang yang belum saya kenal, beliau adalah wajib pajak yang menurut saya nyantai sekali. Tiap saya datang untuk menyampaikan SPPT PBB tak pernah dia sekali saja merespon, beralasan SPPT tsb msh nama pemilik lama dg mudah dia mengelak bahwa
Dia tak harus bayar.

Ini sudah berlangsung sekitar enam tahun. Dan selama enam tahun itu sudah beberapa kali saya menyarankan agar beliau mengajukan perubahan nama. Jawabannya selalu ” NANTI SAJA KAKAK SAYA YANG KEPALA KANTOR ABCDEF YANG NGURUS”
Hmm..
beliau memang terbiasa membawa bawa nama orang yang jauh lebih tinggi jabatannya.. Entah benar entah cuma  alasan saja. Jawabanya seperti terprogram dalam buku ” 1001 CARA MENYOMBONGKAN DIRI”
ISINYA BEGINI he he he
Jika di datangi petugas pajak
BILANG SAJA KAKAKMU KEPALA KANTOR PAJAK
Jika yang datang HANSIP
BILANG KAKAKMU POLISI
jika yang datang RT.
BILANG KAKAKMU CAMAT
Dan seterusnya….
Beli aja bukunya kalau mau tahu semua..
Memang sudah jadi kebiasaan kita juga. Hanya peduli ketika kita butuh.
Contohnya yang saya ceritakan di atas. Dan hal begini terus terjadi berulang ulang. Padahal seharusnya sejak pertama kita memiliki tanah kita sudah mendatangi instasi terkait untuk balik nama PBB. Jadi begitu SPPT PBB dibutuhkan Kita sudah siap.
Coba kalau kita tunggu hingga waktu mendesak ? Akhirnya timbul ketidak sabaran.. Lalu muncul anggapan seakan akan instansi pengelola PBB di tempat anda tak maksimal dalam melayani masyarakat. Padahal yang sesungguhnya, muncul anggapan begitu karena kita terlalu berharap bisa secepat mungkin berkas pembuatan pbb kita diselesaikan.
Kalau hanya sepuluh berkas pengajuan PBB yang masuk, mungkin seminggu juga selesai. Namun kalau jumlahnya ratusan tentu butuh waktu lebih dari sebulan dua bulan
Ingat bahwa petugas tak bisa tergesa gesa memproses data yang di ajukan karena semua butuh ketelitian.
Terkadang ada saja wajib pajak nakal yang berusaha mengelabui petugas dengan
Berbagai cara. Demi menghindari bayar tunggakan PBB . atau mutasi PBB secara sepihak agar bisa melengkapi bukti kepemilikan dalam sengketa tanah di pengadilan dsb dsb.
Nah berdasarkan banyak hal tsb, petugas harus jeli dan selektif memilih berkas antara yang bermasalah dan yang tidak. Maka dari itulah anda harus bersabar juga.

Comments 10

  1. Serasi Sembiring says on 20/11/2017

    Pagi pak, untuk mengurus sppt pbb yang baru dari orang tua ke anak tanpa adanya surat hibah atau ajb. gimana caranya makasih.

  2. susi says on 16/02/2017

    Pak saya mau bertanya , orang tua saya dari tahun 2007 pbb nya tidak terbit ..
    Baru liat ada cek pbb online setelah di cek knpa nama wajib pajak nya berganti ya .. misal asal nya Yani menjadi Yani Suryani .
    Itu knpa ya pa ??

    • PBB-kita says on 16/02/2017

      Ada banyak hal yang membuat nama wajib pajak di sppt pbb berubah
      Diantaranya adalah proses balik nama dari nama penjual ke nama pembeli.
      bisa juga karena adanya proses pembetulan nama yang dirasa salah atau kurang lengkap yang di ajukan wajib pajak.
      Atau bisa jadi akibat adanya pendataan ulang yang melibatkan pihak ketiga tanpa sepengetahuan wajib pajak.
      Yang pasti adanya pergantian nama tersebut pasti berdasarkan pada data yang ada atau yang pernah di ajukan . selain itu tak menutup kemungkinan terjadi kesalahan input data oleh petugas.

  3. lahmudin says on 01/11/2016

    Mau tanya pak. Klo ajb dn sppt beda nama, langkah apa yg hrs d tempuh. Karna saya beli tanah seperti itu.

  4. SONY says on 24/08/2016

    pak saya tanya, bagaimana cara mengetahui NOP PBB kita? Karena rumah yg kita beli ternyata dari 2009 belum pernah dibayar PBB nya.

    • PBB-kita says on 24/08/2016

      Nop itu sudah tercantum di sudut kiri atas sppt PBB pak, misal, 32.06.760.008.009.0010. 32 adalah kode provinsi. 06 kode kota/kabupaten, 760 kode kecamatan, 008 kode desa, 009 kode blok tanah tsb, dan 0010 adalah nomor urut. Itu jika ada sppt pbb nya.
      Namun kalau tidak tahu SPPT nya ada atau tidak, bapak datang saja ke pengelola PBB di pemda, nanti oleh petugas disana ditelusuri bisa melalui mengetikkan alamat rumah atau nama jelas pemilik pertama.

  5. sifa fauziah says on 27/07/2016

    mohon maaf pak saya mau tanya, saya baru pertama x beli rumah dibulan desember 2015 dan belum tahu masalah seperti ini, saat saya beli rumah tersebut secara cash, dan ajb telah ganti nama menjadi nama saya, dan pbb pun telah di byr lunas oleh pemilik sebelumnya sampai th 2015 terakhir dan depelover sendiri mengatakan bahwa pbb juga sekalian dirubah atas nama saya, namun saya tidak memiliki bukti apapun klo pbb telah berubah menjadi nama saya, hanya saya semua berkas pbb sampai lunas sudah disaya. dan depeloper sendiri mengatakan nanti nama ketahuannya nama di pbb telah ganti menjadi nama saya saat pembayaran pbb thun 2016 yg akan keluar ditahun 2017. yg saya mau tanyakan apakah memang seperti itu?

    karna ketua rt didaerah saya (matre) dan dia mengatakan saat membagikan tagihan pbb ke warga, dia mengatakan saya harus segera ganti nama di pbb tersebut dengan biaya sekitar 400rb.
    saya bingung saya di bohongi depolopernya atau saya akan dimanfaatkan oleh RT tersebut

    mohon penjelasannya
    terima kasih

    • PBB-kita says on 27/07/2016

      Begitu ya? 400 ribu bikin pbb? Dimanapun juga ganti nama PBB itu GRATIS. yang harus dibayar hanyalah pajak yang tercantum di SPPT PBB.
      Jika ingin tahu apakah sudah berganti nama atau belum datangi saja pemda . Atau yg lebih gampang bu syifa datang ke bank yang ditunjuk sbg penerima setoran PBB, lalu berikan berkas pbb yang sdh lunas tadi dan minta di cek apakah tahun 2016 ini namanya sudah berubah ke nama bu syifa atau belum. Sebab di bank pun datanya ada karena sistem online dari pemda.

  6. frida says on 20/11/2015

    pak maaf mau tanya biaya mutasi sppt pbb berapa ia?
    bila luas tanah di sertifikat lebih besar dr sppt pbb apa nanti nya akan naik juga iuran pbb setiap tahun nya?
    mohon penjelasannya. terima kasih

    • PBB-kita says on 21/11/2015

      Mutasi pbb itu gratis.
      Kalau luas tanah lebih besar di sertifikat, sebaiknya di sppt pbb juga disesuaikan, karena luas di sertifikat merupakan hasil yang akurat dan berkekuatan hukum.
      Masalah naiknya iuran PBB karena penambahan luas sudah pasti akan terjadi,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s