NGONTRAK RUMAH KOK HARUS BAYAR PBB

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 16/12/2014

kata siapa sih kalau ngontrak rumah harus bayar pajak bumi bangunan untuk rumah kontrakan yang kita tempati?

jadi dobel dong biaya sewanya.

yang sebenarnya berkewajiban bayar PBB berdasarkan aturan tentu saja pemilik rumah kontrakan tsb, bukan orang yang sewa rumah. kan sudah jelas tercantum di SPPT letak objek pajaknya adalah tanah dan bangunan, nama subjek pajaknya adalah pemilik sah tanah dan bangunan tersebut.

kecuali sebelum terjadi perjanjian sewa rumah tsb ada kesepakatan mengenai siapa yang akan bayar PBB nya. kalau ternyata tak ada kesepakatan sebelumnya ya pemilik rumahlah yang harus bayar, bukan orang yang hanya menyewa rumah. jangan sampai ketika petugas PBB baik itu dari desa / kecamatan datang kerumah pemilik, malah di suruh menagih ke yang ngontrak. tindakan seperti itu adalah salah

Jika memang akan di bebankan ke yang ngontrak siasati saja dengan menaikan harga sewanya. misalnya tagihan PBB 500,000 maka tambahkan saja yang 500 rb tsb dengan harga sewa rumah. Kalau tagihan PBB 500 rb/thn. terus pemilik hanya menyewakan rumah 400 rb per tahun, tekor atuh kang.

Singkatnya sebelum mematok harga sewa rumah di harapkan anda pemilik rumah sudah memasukkan nilai Tagihan PBB kedalam jumlah harga sewa. sehingga si penyewa tak akan merasa di bebani lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s