MENGAPA KITA DIWAJIBKAN BAYAR TUNGGAKAN PBB SEBELUM BALIK NAMA SPPT?

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 26/01/2015

Pasti judul di atas pernah juga terpikir oleh pembaca yang akan melakukan balik nama SPPT PBB.

Kenapa anda yang harus bayar sepuluh tahun terakhir padahal anda baru memiliki tanah tersebut dua tahun misalnya.. Mendingan kalau jumlahnya puluhan ribu saja.. Bagaimana kalau jumlahnya jutaan rupiah?.. Bisa bisa batal deh rencana balik nama PBB tsb.. Tapi kalau dibatalkan bingung juga.. Karena untuk syarat minjam duit ke bank harus melampirkan SPPT PBB atas nama anda.. Duuh maju kena mundur kena..

Sama seperti anda.. Tentu petugas juga bingung harus bagaimana? Karena mereka bukan pengambil keputusan melainkan hanya pelaksana dari aturan yang telah ditetapkan..

Lalu kenapa PEMDA tak berusaha mengubah aturan tsb?

Ternyata tak mudah untuk mengubah hal itu karena pemda juga punya beban tunggakan PBB yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah..  Salah satu cara untuk menekan jumlah tunggakan PBB  yang jadi beban pemda yaitu tadi.. Ketika anda akan melakukan balik nama PBB ke nama anda sendiri, anda diwajibkan melunasi tunggakannya..

Alasannya?? Karena jika balik nama tsb di lakukan tanpa harus melunasi dulu.. Maka SPPT PBB yang lama hanya akan menjadi “ROH” yang tak mungkin lagi untuk di tagih karena pemiliknya sudah tidak ada.. Sudah berganti nama. Namun tunggakannya tetap saja ada..

Kalau sudah begini kemana petugas  PBB harus melakukan penagihan? Kepemilik lama apa mau mereka membayar PBB untuk tanah yang sudah dijual?.

100% pasti tak akan mau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s