Comments 109

  1. Rini says on 31/05/2018

    Saya beli rumah dr thn 2012, sampai sekarang belum pernah dapat sppt. Setelah dapat printout ternyata belum terbayar selama 6 tahun terakhir (sejak saya beli).Saya ingin melunasi pajak sampai sekarang.
    1. Bagaimana proses pelunasannya?
    2. Hasil printout masih nama pemilik lama, bagaimana dan persyaratannya apa saja utk balik nama sppt?? Apakah datang ke kpp atau ke pemda??
    Terimakasih

    • PBB-kita says on 31/05/2018

      Proses pelunasan ya bayar saja berikut denda ke bank yang ditunjuk di sppt tahun ini.
      Untuk proses balik nama silahkan datang ke pemda.

  2. Harripudin SiringoRingo says on 15/03/2018

    Selamat Malam , mohon pencerahannya Admin prosedur pengurusan PBB yg belum dibayarkan dr awal adanya Rumah dari pihak I Ke Pihak III ( Saya) , Apakah langsung dalam Pembuatan Pembuatan Baru PBB ke Kantor Pajak, dan Juga Prosedur Balik Nama Sertifikat Rumah ( surat2 yang telah ada SHGB, Akta Jual Beli Notaris Pihak I Ke II , dan Surat Kuasa Pihak II ke Pihak III ( Saya) supaya dlm pengurusan tidak perlu memanggil Pihak Ke II tersebut ,

    Terimakasih,

    • PBB-kita says on 16/03/2018

      Untuk pembuatan PBB dari pihak I ke pihak III bisa langsung saja ke pemda pak, nanti disertai oleh surat keterangan dari desa setempat yang formulirnya di sediakan di kantor.
      Untuk prisedur balik nama sertifikat harus di ajb kan dulu pak dari pihak ke 2 ke pihak 3.

  3. boni says on 12/03/2018

    Selamat pagi. Saya mau nanya, saya mau ngurus pengajuan sppt baru rumah kpr, sejak thn 2006. terus, di kecamatan, saya diwajibkan melegalisir foto copy ajbnya sementara kantor notarisnya udh ga ada. bagaimana jalan keluarnya ya?selain itu saya mau nanya, kalau di kabupaten, di kantor mana kita bisa mengurus sppt baru? terima kasih

    • PBB-kita says on 12/03/2018

      Setahu saya untuk pengajuan sppt baru cukup dengan fc ajb tidak harus di legalisir yang penting ada surat keterangan desa bahwa anda betul pemilik sah objek pajak tsb., dan belum memiliki SPPT PBB.
      Untuk di kabupaten mana ya? Untuk pengelolaan pajak Ada yang badan pengelolaan keuangan daerah (bpkd) ada disyanjak, dispenda, dppkad, jadi tiap kabupaten tidak selalu sama nama dinasnya.

  4. rizki bintang kemakmuran says on 08/02/2018

    asalamualaikum wr wb..saya mau tanya mas/kpda yg punya blog ini…

    gini ceritanya:
    istri saya baru saja membuat/menerimah surat SHM/sertifikat tanah yg d urus oleh pak jokowi di tahun kemarin..waktu itu dapet sertifikat baru dan yg kata pak RWnya gini ..itu kan belum keluar surat pbb dan jika mau keluar surat pbb.nya istri saya harus bayar 2jt..baru bisa keluar..alasanya buat bayarnotaris dll..saya kaget lho bukanya ngurus pbb baru itu gak bayar dan gratis..lha yg saya pertanyakan ke sampean..apakah benar membuat surat pbb itu bayar.padahal kan sertifikat asli sudah di tangan istri saya cuman bkm puny surat pbb.na

    mohon d perjelas infonya mas ya.saya minta tolong

    trima kasih

    • PBB-kita says on 08/02/2018

      Iya gratis kalau hanya membuat SPPT PBB dan tidak harus ke notaris. Cukup bapak datang dan mengurus sendiri ke pemda. Isi formulir disana dan bawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
      (maaf url yang dicantumkan terpaksa di hapus karena setelah di cek, blog tsb masih baru ya? Dan belum ada postingan apapun. Semoga tetap semangat ngeblog ya.. )
      Salam blogger dari admin. Semangat!!

      • rizki bintang kemakmuran says on 08/02/2018

        iya mas….ow ya mas selain harus punya sertifikat dan sppt pbb terus surat apalagi mas biar pikiran teng mas

        dan

        di buku serttifikat ada tulisan
        ini=CATATAN:pajak terhutang atas beban SSP DAN BPHTB belum terbayar oleh pemegang hak

        yg di maksut ini gimana mas…tolong YA mas..soale sebelum saya meluncur ngurus surat sendiri saya cari tau info dulu biar gc bingung

        tolong jawabanya mas ya

        • PBB-kita says on 08/02/2018

          sertifikat dari program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap)? mungkin yang dimaksud pak RW, memang benar jika ada tulisan begitu di sertifikat ya harus dibayar juga sebab nanti akan dikenai sangsi kurang bayar plus denda. Beda lagi jika tidak mengikuti program PTSL biasanya sebelum sertifikat diterbitkan, kita harus membayar BPHTB dulu dan divalidasi oleh pemda baru sertifikat bisa diterbitkan.

  5. Jemy says on 08/02/2018

    Selamat siang, saya Mau Tanya,

    Saya akan Menjual sebuah Rumah dan si Pembeli akan mengajukan via Bank (KPR), karena ini baru Bulan Februari 2018, maka belum ada PBB 2018 (belum terbit), namun pihak Bank tetap memintanya, jika tidak maka harus mengurus SK NJOP ?

    Pertanyaan saya :

    Apakah saya lebih baik menunggu PBB terbit atau meminta, jika iya apakah ke Pajak atau Pemda ?
    Jika membuat SK NJOP apakah cepat, dalam 1 hari langsung selesai ?.

    Mhn bantuannya.
    Trims

    Jemy

    • PBB-kita says on 08/02/2018

      Terima kasih kembali pak jemy atas komentarnya.
      Jika tidak tergesa gesa berarti tunggu saja PBB 2018 terbit, namun jika mengurus SK NJOP juga bisa ditunggu tidak sampai sehari.
      Ke pemda saja pak, bagian pelayanan PBB. sebab mulai tahun 2013 lalu pajak PBB menjadi kewenangan pemda

      • Jemy says on 09/02/2018

        Wah iya, bener tadi Sudah ke PEMDA< tapi tetep tidak bisa cetak SK NJOP 2018 karena data belum ada, tetep tunggu minimal SPT PBB keluar sekitar AKhir MAret-April. Tapi alhamdulillah sudah ada solusi dari Notaris, itu bisa di Susul belakangan karena mereka juga paham kondisinya masalah bukan di saya hehe…

  6. melisa says on 06/02/2018

    Halo saya mau tanya

    Untuk syarat Balik nama PBB wajib menyertakan surat kuasa, itu surat kuasanya untuk apa ya. Soalnya diurus sendiri. Kalau kata pegawainya saya tanya itu surat kuasa balik nama dari pemilik lama ke pemilik baru, tapi masalahnya yang dimaksud bukan surat kuasa tapi surat perntayaan. Yang benar yang mana ya.

    Terima kasih

    • PBB-kita says on 06/02/2018

      Surat kuasa itu jika dikuasakan ke orang lain dalam pengurusannya, tanda lunas pembayaran itu bisa saja surat pembayaran BPHTB.

  7. Fanteri says on 05/02/2018

    Assalamu’alaikum,

    Dear Admin, mau tanya.
    Saya baru beli rumah dari developer, setelah 2 tahun KPR, akhhirnya saya lunasi.
    Nah, pas saya mau urus sertifikat, ternyata ada tunggakan pajak.
    Disitu saya dikasih NOP (Nomor Objek Pajak) oleh developernya.
    Yang aneh adalah total pajaknya tinggi sekali, padahal setahu saya PBB itu kan nilainya 1/1000 dari NJOP tanah dan atau banguanannya.

    Saya curiga kalau NOP yang dikasih ke saya adalah NOP yang masih induk mengingat waktu saya tanya SPPTnya, mereka bilang SPPTnya masih induk.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah benar kira-kira NOP ini memang masih induk mengingat nilai NJOP saya tidak sampai 450juta? Bukannya setiap rumah KPR yang dibangun, pasti memiliki NOP sendiri ya?
    2. Jika ingin memecah SPPT, saya baca daricomment diatas, waktunya sekitar 2 bulan ya. Apakah pengurusan ini bisa diwakilkan? Mengingat saat ini, saya masih study di luar negeri.

    Terimakasih

    • PBB-kita says on 05/02/2018

      Untuk mengetahui apakah nop tsb masih induk atau tidak, coba dilihat dulu luas tanahnya yang tertulis di SPPT PBB, apakah sesuai dengan luas tanah yang di beli? Jika sesuai berarti itu bukan lagi nop induk. atau jika tidak ada SPPT bisa di cek. Untuk mengeceknya bisa datang ke dinas yang mengelola pajak PBB setempat dengan menunjukkan nop nya. Nanti disana akan terlihat berapa luasnya .luas nop induk itu biasanya untuk kelas perumahan sangat luas sekali bisa beberapa kali lipat luas kavling.
      Untuk pertanyaan kedua
      Bisa pak bisa diwakilkan asal menggunakan surat kuasa.

      • Fanteri says on 06/02/2018

        Dear Admin,

        Terimakasih jawabannya.
        Sudah dicek, ternyata benar masih induk.
        Kalau mengurus SK NJOP berapa lama ya?

        Terimakasih

  8. Ahyadi says on 16/11/2017

    Sya ajb uda d buat tpi sppt sya blum terbit apa sppt harus ngajuin lgh.trus tanah yg sya bli slama 2003 spe skarang blum byar pajak bsa ga ya sya bikin sppt supaya d pisah punya sya 100 mtr lus tnh semuanya 1500 mtr yg blum d byar pajk nya apa sya bsa mecah yg punya saya 100mtr

  9. Fedo Rizviyatmaja Sarian says on 09/10/2017

    Selamat Siang,

    Mohon informasinya apakah pencetakan SPPT PBB memang hanya dilakukan setahun sekali?

    Dapat saya infokan, saya membeli sebidang tanah yang sebelumnya PBB nya menjadi satu, dan saat ini diajukan pemecahan PBBnya.

    Saat ini saya mengurus pengajuan IMB yang mensyaratkan SPPT PBB, dan oleh pihak kecamatan diinfokan saya harus menunggu hingga tahun depan supaya dapat memperoleh SPPT PBBnya.

    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • PBB-kita says on 09/10/2017

      Untuk cetak massal memang hanya setahun sekali. Namun jika pengajuan PBB nya pak fedo sudah lama dan sudah selesai diproses, pencetakan SPPT yang sudah selesai tadi bisa kapan saja..

      • Fedo Rizviyatmaja Sarian says on 09/10/2017

        Biasanya berapa lama ya pengurusan pemecahan PBB? karena permohonan sdh diajukan kurang lebih 1,5 bulan yang lalu.

      • Dedy says on 21/11/2017

        MAU TANYA BOS,, APA AJA SYARAT2,,,
        PENGURUSAN PBB DAN IMB BARU,,,

  10. Jhosy says on 28/09/2017

    selamat pagi, sy mau tanya kami dari sekolah negeri, dl kami beli tanah masyarakat, untuk sertifikat tanah sudah atas nama pemerintah, namun di pajak tanah masih an ybs (pemilik lama), dan kami membayar pajak tanah tersebut bagaimana caranya agar laporan pajak tanah tersebut berubah ke instansi kami, bkn pemilik lama

    • PBB-kita says on 28/09/2017

      Ke pemda saja. Ajukan sebagai Tanah milik negara, dengan bukti lengkap Untuk dihapus SPPT tsb dan dibebaskan pajaknya.

  11. asep suryana says on 28/09/2017

    Selamat Pagi PBB Kita, Saya telah mengajukan permohonan pembetulan atas luas tanah tertulis di SPPT PBB 2017 seluas 1.400 m2, sedangkan berdasarkan Fisik dan Sertifikat 1.000 m2 (Formulir yang diberikan dan diisi berupa Formulir Permohonan Keberatan) dari Surat Keputusan Keberatan yg diterbitkan oleh DPKAD/Bappenda Luas tanah telah dibetulkan, namun NJOP Bangunan dinaikkan yg semula kelas Bangunan 022 menjadi 020. Sehingga Jumlah PBB yang harus dibayar menjadi naik yang cukup tinggi yg semula 900 ribu rupiah menjadi 2 juta rupiah. Padahal SPPT PBB Tahun 2017 baru saja diterbitkan. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    • PBB-kita says on 28/09/2017

      Harusnya form nya adalah formulir pembetulan. Mengenai kenaikan Njop, coba pa asep lihat njop PBB punya tetangga yang bersebelahan dg tanah pak asep. Jika ternyata njop nya sama berarti memang pemda tidak salah, namun jika punya tetangga lebih rendah, maka ajukan keberatan njop dg melampirkan fc sppt tetangga tsb.
      Masalah naik dari 900 ke 2 juta adalah efek dari kenaikan njop tadi, berdasarkan UU no 28 thn 2009 duli jelaskan bahwa untuk total njop dibawah 1 miliar kena tarif dasar 0,1% . sementara untuk njop diatas 1 miliar tarif dasarnya adalah 0,2%. Jadi wajar jika kenaikan tsb dua kali lipat. Makanya jika nilai pajak yang harus kita bayar sudah 900 ribuan jika pemda menaikkan njop satu kelas saja. Efeknya setelah kenaikan pasti 2 juta ke atas.

  12. Yayat says on 25/09/2017

    Selamat pagi… saya membeli sebidang tanah berikut bangunan dari saudara di kabupaten bandung..tetapi hanya berupa kwitansi pembelian belum buat AJB..jadi saya hanya pegang AJB atas nama saudara saya..saya butuh SPPT PBB untuk mmbuat CV perusahaan..mau tanya bisakah SPPT PBB diganti nama saya…terus untuk mengurusnya harus kemana…terimakasih bantuannya

  13. Rosi Anindiastuti says on 20/09/2017

    Sore..mau tnya..kalau mau mengajukan surat permohonan bebas pajak.sppt gimna yah? karena bangunan kami adalah kuil. Terimakasih

    • PBB-kita says on 20/09/2017

      Ke pemda saja mbak. Ajukan untuk di hapus saja SPPT nya dengan alasan bahwa objek pajak tsb adalah sarana ibadah atau pasilitas umum

  14. Aan Pujiarto says on 03/08/2017

    Permisi admin, mohon bantuannya,
    Saya telah mengurus pengajuan mutasi balik nama PBB di pemkot, semua persyaratan sudah lengkap hanya tinggal SPPT berjalan saja, karna tidak ada sejak pembelian.
    Bagaimana cara mendapatkan SPPT terbaru, karna saya sudah bertanya ke petugas di pemkot diarahkan ke kelurahan, tapi pihak kelurahan juga tidak mengetahui, malah seakan” dibuat bingung.dan apakah SPPT bisa diganti dengan surat keterangan dari kelurahan lokasi objek pajak.
    Mohon bantuannya

    • PBB-kita says on 03/08/2017

      Sebelumnya admin mohon maaf kepada semua komentar yang belum dimuat karena beberapa hal terutama karena email admin (gmail) tidak bisa lagi dipulihkan . admin sendiri tidak tahu apakah ini ulah seseorang yang tidak bertanggung jawab atau karena admin yang mulai pikun.
      Mengenai pertanyaan pak Aan, apakah persyaratan sudah lengkap itu termasuk melampirkan AJB atau Sertifikat tanah ? Jika yang admin sebutkan itu dilampirkan seharusnya orang pemkot tinggal menelusuri SPPT yang bapak cari di system (SISMIOP) lengkap kok program di komputer untuk urusan pelayanan PBB saat ini. atau bapak Aan sendiri bisa menanyakan SPPT lama ke penjual . jika kata penjual memang tanah yang dibeli itu belum punya SPPT berarti seharusnya pak Aan mengajukan Permohonan Objek pajak baru, bukan permohonan Mutasi/balik nama.
      Isi form OP baru tersebut disertai keterangan dari kelurahan bahwa tanah tsb benar benar belum pernah terbit SPPT.
      Jawaban untuk pertanyaan kedua bahwa SPPT tidak bisa diganti oleh Surat keterangan dimana tanah pak Aan berada. Yang bisa dilakukan oleh kelurahan hanyalah menerbitkan surat keterangan bahwa Sppt belum pernah terbit, atau keterangan objek pajak tidak dalam sengketa yang nantinya dilampirkan dalam formulir permohonan objek pajak baru. semoga bisa membantu
      Terima kasih.

  15. zulkifli says on 30/03/2017

    assalamualaikum,,PBB-kita
    bagaimana caranya kalo kita mahu lihat bahwa OP itu sudah bayar dari tgl, misalnya tgl ;01 Feb 2017 s/d 01 Maret 2017, jika ada query nya mohon disher dong,,

    • PBB-kita says on 30/03/2017

      Wa’alaikumsalam pa. Atas keterbatasan kewenangan saya. Untuk saat ini mohon maaf belum bisa share ke publik.

  16. hima says on 23/03/2017

    saya beli tanah dua tahun yang lalu apakah saya bisa mengajukan permohonan objek pajak baru atas nama saya???sekarang??

  17. Eko says on 15/03/2017

    Permisi pak , saya mau tanya kalau tanah yg sebelum dipecah mempunyai sppt dan selanjutnya setelah pemacahan menjadi beberapa bagian dan masing masing bagian sudah selesei pengurusan sertifikat, apakah untuk masing masing pemilik tanah baru yg sudah bersertifikat itu,mengurus mutasi atau permohonan sppt baru pak? Mohon infonya terimakasih.

  18. Ambas says on 27/02/2017

    Permisi pak saya mau tanya apakah ada aturan yg mengatur batas luas maksimal lahan dalam 1 sppt karna sy punya 5ha dalam 1 surat sppt saja.mohon ingo aturan soal batas max lahan kemudian apakah boleh dalam surat keterangan yg dikeluarkan desa tdk mengetahui camat.mohon infonya terima kasih

    • PBB-kita says on 27/02/2017

      Untuk saat ini admin memang belum menemukan perda yang mengatur batas maksimal luas tanah untuk satu SPPT PBB. Bahkan dalam UU no 28 tahun 2009 pun tidak menjelaskan secara rinci batas maksimal luas tanah dalam satu SPPT. dalam UU tsb hanya memuat kategori objek pajak diantaranya:

      A. Objek pajak standar
      1. Luas tanah 10000 meter
      2. jumlah lantai 4 lantai ke bawah
      3. Luas bangunan 1000 meter persegi

      B. Objek pajak non standar
      1. Luas tanah di atas 10000 m
      2.jumlah lantai diatas 4 lantai
      3. Luas bangunan diatas 1000 m

      C. Objek pajak khusus
      Yaitu Objek pajak yang memiliki konstruksi khusus atau keberadaannya punya arti khusus seperti pelabuhan laut. Pelabuhan udara. Jalan tol dll

      Mudah mudahan ada pembaca lain yang tahu dan bisa sharing di sini

      Mengenai surat keterangan yang dikeluarkan desa memang seharusnya di ketahui camat. Terutama untuk luas diatas 10000 sangat penting pihak kecamatan mengetahui untuk menjaga hal hal yang tidak di inginkan dikemudian hari

  19. hermawan says on 12/02/2017

    kalau misalkan sppt nya ngga muncul selama lebih dari 10 tahun. Kemudian gimana supaya sppt nya muncul lagi?

    • PBB-kita says on 12/02/2017

      Kalau nggak muncul karena sudah dihapus dari database . Bapak Harus mengajukan lagi permohonan objek pajak baru..

  20. tyas says on 06/01/2017

    Pak kalau mau bayar PBB tahun 2017 namun SPPTnya belum keluar atau dikasihkan ke kita bagaimana cara pembayarannya?

    • PBB-kita says on 06/01/2017

      Bisa menggunakan sppt tahun lalu. Atau catat saja nop ( nomor objek pajak) yang ada di sudut kiri bagian atas sppt . Namun bulan januari ini saya kira belum bisa bayar pbb yang thn 2017 berhubung masih tahap persiapan cetak masal.

      • tyas says on 06/01/2017

        Biasanya waktu pencetakan SPPT tiap daerah beda atau diberlakukan sama secara nasional?

        • PBB-kita says on 06/01/2017

          Beda beda bu. Tapi rata rata akhir maret tiap pemda sudah beres melakukan cetak masal.

  21. Ervina says on 23/11/2016

    Selamat pagi, saya mau ganti nama PBB ke nama saya, sebelumnya dari pemilik lama nya , pengurusan ke mana ya ? syarat nya apa saja serta dikenakan biaya berapa ? Mohon penjelasanya. Terima kasih

    • PBB-kita says on 24/11/2016

      Kalau mau ganti nama datang saja Ke dinas pendapatan di pemda. Persyaratan ada di kantor pemda tempat sdr elvina berada. (tidak selalu sama di tiap pemda.) untuk biayanya gratis.

  22. jones says on 05/11/2016

    permisi pak pbbkita saya mau nanya saya baru beli rumah tapi saya tidak tahu apakah rumah ini udh ada pbb nya atau belum. jadi saya mengurus pbb baru atau mencek pbb sebelum nya ?

  23. acep says on 04/11/2016

    Yth PBB Kita,
    Mohon pencerahannya, saya membeli sebagian dari sebidang tanah yang belum bersertifikat (dibawah tangan). Atas tanah tersebut saya mau bikin AJB-nya sampai dengan bikin sertifikatnya juga. langkah-langkah apa yang harus saya lakukan, mohon pencerahannya.
    Terima kasih

  24. PBB-kita says on 06/10/2016

    waalaikum salam
    coba tanya ke desa setempat. apakah PBB untuk tanah yang bapak beli ada atau tidak. jika ada PBB tsb ajukan permohonan mutasi habis.tentu tunggakannya harus dibayar berikut dendanya . namun jika belum pernah muncul PBB sebelumnya, maka ajukan permohonan objek pajak baru. untuk mengurusnya tidak dikenakan biaya. lama waktunya tidak bisa ditentukan. tapi jika semua persyaratan lengkap rata rata dua bulan selesai nya.

  25. Fatih says on 06/10/2016

    Assalamualaikum.
    Pak, saya mau tanya. mertua saya beli rumah hanya mendapatkan ajb dan sudah dibalik nama, tapi pbb belum dibayarkan dari tahun 2008 kepada si penjual. dan saya ikhlas ingin mengurusnya. bagaimana saya mengurusnya, berapakah biaya yang harus saya bayarkan kira2, dan berpa lama prosesnya pak.
    mohon informasinya. terima kasih..

  26. hari says on 03/10/2016

    salam
    saya ingin menerbitkan sppt pbb baru, tapi permasalahan tanpa ada akta,ajb, dan sertifikat.
    bagaimana ya pak jalan keluarnya

    • hari says on 04/10/2016

      pbb kita yg terhormat
      saya msh ada sppt lama tahun 1994. syarat apa sajakah yg harus saya lengkapi
      terima kasih

    • PBB-kita says on 04/10/2016

      maaf pak. memang sulit jika tak ada bukti kepemilikan sama sekali. tapi jika ada bukti lain misalnya leter C dari desa. ditambah surat keterangan dari kepala desa. mungkin bisa mengajukan permohonan pembuatan objek pajak baru, itupun tergantung pada kebijakan pemda. jadi sebaiknya pak hari datang ke pemda dan berkonsultasi ke petugas pengelola pajak bumi bangunan disana

  27. Mulyadi says on 22/09/2016

    Saya punya sawah seluas 3000m…pbbnya hilang ntah kemana.asalnya pbbnya tidak sesuai dengan luas sawah…sekarang yg tersisa cuma tinggal sertifikat tanahnya saja…bagaimana cara membuat pbbnya? Trima kasih…mohon jawabannya…..

    • PBB-kita says on 22/09/2016

      coba di ingat apakah ada PBB atau bukti pembayaran tahun ke belakang yang masih tersisa? kalau tidak ada coba datang ke desa karena petugas di desa pasti tahu nop PBB pak mulyadi.namun jika petugas desa ternyata tidak tahu, bapak datang langsung ke pemda. disana bisa ditelusuri dan di cetak salinan.untuk pbb tsb.

      maksud saya adalah jika PBB tanah tsb sudah pernah terbit.maka tak perlu mengajukan permohonan pembuatan PBB baru. karena akan mengakibatkan SPPT double.
      untuk itu lebih baik minta salinan saja, kalau sudah dapat salinannya bapak tinggal ajukan permohonan pembetulan agar luas di PBB bisa sesuai luas sawah.

      • anggoro says on 21/11/2017

        mohon pencerahannya pak,klo NOP PBB double pengurusannya gimana pak?satu alamat ada 2 NOP PBB, terima kasih.

  28. Rusnandi says on 14/09/2016

    Di bogor barat banyak pungli dari aparat desa,saya buat surat dari desa untuk buat sppt aja ,udh di kenai 200.000 ,belum ke dinas pajak…tolong dong kirim team org jujur diam diam untuk selidiki.mau bayar pajak aja di persulit.

  29. sutrio says on 05/09/2016

    mohon maaf pa saya mau nanya,bisakah kita mengetahui ajb/sertifikat yg kita pake waktu membuat sppt,dimana kita bisa mencarinya?trimakasih.
    kalo bisa kirim jawaban ke email saya pa.mksh

  30. Maria says on 01/09/2016

    Selamat sore, saya mau tanya untuk balik nama di sppt pbb biaya dan syarat kelengkapannya apa saja ya? mohon penjelasan dan terima kasih banyak

  31. Adi Kurnianto says on 25/08/2016

    Maaf pak, pertanyaan saya mungkin klise..tapi saya belum jelas banget, jadi mohon diberi pencerahan. Saya punya tanah 4 kavling, yang 3 kavling saya bangun rumah dan 1 kavling masih berupa tanah, dan ke-4 kavling tersebut mempunyai 4 sertifikat tapi semuanya atas nama saya. Untuk yang ada bangunannya sudah saya buatkan IMB, pertanyaan saya…:
    1. Untuk pembuatan PBB-nya apakah bisa dijadikan 1 atau tetap 4?
    2. Syarat2 apa saja yang harus saya kumpulkan untuk pembuatan PBB?

    Terimakasih sebelumnya….

    • PBB-kita says on 25/08/2016

      Jika ke empat tanah milik bapak adi bersebelahan, artinya tidak terhalang oleh tanah milik orang lain berarti bisa digabungkan menjadi satu SPPT. Namun jika terhalang maka itu tidak bisa disatukan. Untuk persyaratan bawa ke empat sppt(jika sdh ada) berikut sertifikat tanah tsb untuk kelengkapan lainnya klik link ini

  32. syafri nur siregar says on 21/08/2016

    PBB- Kita yg terhormat
    saya mau membayar pbb yg pemiliknya orang tua saya(status saya adalah pemakai).
    masalahnya kami tdk pernah menerima sppt ataupun bukti pembayaran pbb,karena selama ini kami membayar pbb melalui orang lain.apakah saya harus buat spop yg baru ?

    • PBB-kita says on 21/08/2016

      Terima kasih atas komentarnya.
      Sebenarnya jika pernah membayar berarti bapak sudah memiliki sppt. Dan seharusnya ada bukti pembayaran yang bapak terima dari orang lain tersebut, coba bapak tanya dulu ke yang bersangkutan. Tapi jika nanti ternyata tidak ada ., bapak bisa buat objek pajak baru. Datang saja ke pemda

  33. IKHWAN says on 09/08/2016

    PBB kita yang terhormat..
    Saya membeli tanah dan langsung bangun buat rumah.
    Pada saat saya tanyakan pbb atas nama pemilik yg lalu memang belum sama sekali mempunyai sppt, dan saya cek di desa pun demikian.
    Saya sudah ajukan semua berkas yg seperti diatas, dan disitu ada persyaratan untuk membuat dulu validasi BPHTB nya..
    Lah bagaimana cara validasi kalo memang dasarnya saja tidak ada. Kalo pake punya tetangga di validasi apakah bisa. Susah juga ya mau menjadi warga yang baik.
    ikhwanbojong@gmail.com

    • PBB-kita says on 09/08/2016

      Memang benar pak. Kalau kita membeli tanah, kita berkewajiban membayar BPHTB. Nanti setelah BPHTB tsb dibayar di bank. Formulir ssp bphtb baru di validasi. Kalau sekedar untuk permohonan pembuatan SPPT coba dulu tanpa melampirkan form BPHTB. Nanti kalau misalnya diminta. Bapak konsultasikan kesulitan bapak tsb ke petugas disana. Punya tetangga tidak bisa pak.

    • IKHWAN says on 10/08/2016

      Saya sudah masukan berkas semua, ke dispenda dan semua sudah lengkap. Namun berkas di balikan kembali karena lom di validasi. Saya bilang. Bahwa ini mau pembuatan baru pbbnya. Tapi tetap saja harus ada bukti ssb dan pbb terakhir. Waduh jadi susah gini ya.. Yg ga ngerti saya atau petugasnya dengan pembicaraan saya. Yg jelas2 dasar pbbnya ga ada.. 😦

      • PBB-kita says on 10/08/2016

        Iya pak. Mungkin sudah aturan begitu. Tapi sebaiknya di sebutkan di pemda mana bapak mengurus hal tsb. Dengan demikian diharapkan ada pembaca lain yang mampu memberi solusi atau penjelasan dari pemda bersangkutan. Terima kasih pak sudah mau berbagi masalah di blog ini. Mudah mudahan keluhan bapak ini di dengarkan dan ada pemecahannya karena Keluhan bapak Adalah keluhan warga negara juga.

  34. Yunita says on 05/08/2016

    Jika membayar pbb double bagaimana cara pengembaliannya

    • PBB-kita says on 05/08/2016

      susah bu banyak prosesnya. Terutama kalau sudah lewat satu hari. Kalau dihari itu juga msh mudah. Tinggal lapor ke bank tempat ibu membayar. Pihak bank bisa langsung cancel. Tapi kalau nilai uangnya besar, coba saja konsultasi ke pemda.

  35. tri wahyu sudarsono says on 22/07/2016

    Selamat siang…
    Saya mau membuat pbb baru atas pembelian perumahan…tanah dan bangunan hak milik atas nama saya…sedangkan saya belum pernah mempunyai pbb…gimana caranya…? Mohon informasinya…terimakasih

    • PBB-kita says on 22/07/2016

      Ajukan saja mutasi PBB dari an pemilik lama ke atas nama saudara tri. Tp jika selama ini pemilik lama juga tidak pernah memiliki SPPT PBB. Maka ajukan saja permohonan objek pajak baru.

      • tri wahyu sudarsono says on 22/07/2016

        Adakah biaya yg hrs dikeluarkan untuk membuat pbb yg baru…sementara rmh tsb saya beli 2 th yang lalu…

    • ikhwan says on 10/08/2016

      Sama dengan kasus saya neh..
      Semoga ada jalan dan kemudahan..

  36. Idha Adinda says on 07/07/2016

    ASSALAMUALAIKUM..BPK/IBU YG TERHORMAT. sy mau tanya bagai mana cara & syarat2 pembuatan SPPT. sedangkan sertipikatnya pun blm ada?? MOHON PENCERAHANYA

    • PBB-kita says on 08/07/2016

      wa’alaikum salam
      untuk syarat,gunakan saja bukti kepemilikan yang lainnya bu misalnya ajb. hibah atau waris.

  37. Titis says on 24/06/2016

    malam, saya mau tanya cara dan syrat mendapatkan atau mengajukan SPPT PBB bagaimna ya ? Itu utk perorangan(orang pribadi) atau utk perusahaan saja ?

    Mohon diinfokan 🙂

    • PBB-kita says on 24/06/2016

      Satu pengajuan sppt untuk satu kepemilikan tanah, baik perorangan atau atas nama perusahaan. Mengenai tata cara pengajuan ibu bisa datang ke pemda dimana tanah ibu berada.

  38. Susi says on 05/06/2016

    Slmt malam …
    sy mw brtya…saya mau balik nama sppt pbb induk nama almrhum orangtua pecah k 4 anak …d salah satu persyaratn pembuatan sppt pbb adalah melenkpi imb bangunan…sya tdk mmpyai imb bangunan …mohon pencerahan ya pak??

    • PBB-kita says on 05/06/2016

      Persyaratan tsb jika ada. Tapi kalau gak ada IMB juga gak apa apa. Setahu saya pengajuan mutasi PBB masih bisa di proses walau tanpa IMB.

  39. novie says on 02/06/2016

    Selamat siang,
    saya mau tanya, tahun 2006 saya ada ambil rumah di salah satu perumahan secara KPR dan saya belum pernah bayarkan PBB atas rmh saya tersebut sampai saat ini karena kurangnya wawasan yang saya terima.
    dan agustus tahun depan (2017) rumah tersebut akan lunas, apa yang harus saya lakukan untuk melunasi kewajiban saya tersebut (PBB yg sudah tertunggak lama). langkah apa yang harus saya ambil?
    karena saya sudah coba menghubungi developer katanya saya harus menghubungi RT setempat, tp setelah di tanyakan RT saya tidak pernah menerimanya.

    terima kasih atas jawaban yang diberikan.
    salam

    • nina susanti says on 10/08/2016

      Ini developer gak tgg jwb banget. Sama dengan aku bu. Terpaksa harus bayar 10 tahun plus denda. Padahal selama ini pbb tiap tahun keluar tapi di tumpuk di kantor pemasaran. Gak di bagikan.

  40. angga says on 25/04/2016

    Pa saya bli tnah 40mtr tpi sppt saya msih ngikut sma s penjual bgmna cranya bkin spptnya?

    • PBB-kita says on 25/04/2016

      Ajukan saja mutasi sebagian. Formulirnya sudah di sediakan di pemda. Tinggal mengisi . syarat syarat yang penting adalah ajb. Fc KTP dan SPPT milik penjual. mungkin sebelum mengajukan permohonan mutasi sebagian, bapak akan diminta melunasi dulu SPPT induk jika ada tunggakan.

  41. wegig gurnanto says on 21/04/2016

    Selamat sore Pak.. Mohon pencerahannya Pak.. saya membeli tanah dan sppt pbb sudah dimutasikan atas nama saya sendiri, dengan objek pajak berupa tanah. Kemudian saya membangun rumah di atasnya. IMB dan sertifikat tanah sedang diagunkan di bank dan sudah 2 tahun ini saya belum sempat mengurus pergantian sppt pbb tanah dan bangunan. Langkah-langkah apakah yang bisa saya ambil agar sppt pbb saya juga mencantumkan bangunan yang sudah jadi di atas tanah saya. terimakasih Pak..

    • PBB-kita says on 21/04/2016

      Kalau sekedar menambah data bangunan gunakan saja IMB photocopy. Ajukan ke pemda nanti disana akan diberikan formulir pembetulan dan LSPOP ( formulir isian data bangunan) jangan lupa bawa SPPT tahun ini. Hanya saja jangan kaget jika jumlah pajak setelah mencantumkan data bangunan tentunya nanti akan naik..

  42. wuryanto says on 07/04/2016

    Selamat pagi pa
    Saya mau balik nama pbb saya dari nama pemilik lama ke nqma saya terus saya ingin masukan data bangunan juga
    Persyaratan apa yang harus saya penuhi terima kasih

  43. nita valentine says on 25/03/2016

    Selamat malam om. saya mau tanya dasar hukumnya penerapan iuran desa, kok rasa rasanya memberatkan kami semua. sudah bayar pajak tanah. ditambah lagi harus bayar iuran ke desa. jadi double gitu om.
    apakah peraturan ini dari kabupaten atau hanya peraturan desa.. terus kalau ada perdanya mohon di share ya om.
    tolong dimuat ya om. thanks.

    • Alvin noer says on 25/04/2016

      Iya pak kami juga sangat keberatan dengan adanya iuran yang ditempelin di kertas PBB. Bukan masalah tidak mau membangun desa ya pak. Hanya yang kami minta aturan yang jelas dan transparan dari pihak desa sendiri Maksudnya uang yang terkumpul itu dipakai apa.. Di kodya kok gak pakai iuran desa kenapa kabupaten Pakai. Terus tiap desa beda beda lagi aturan. emangnya desa gak dapat dana dari pemerintah pusat ? Tapi kalau pemda Melegalkan iuran ini sebaiknya dibuatkan aturan yang jelas. Biar ada keseragaman . saya rasa masyarakat akan memahami pak. Jika ada penjelasan yang lebih masuk akal. Ini keluhan kami di pelosok desa pak. terima kasih blog bapak sungguh bermanfaat buat kami.

  44. ahmad says on 10/03/2016

    slamat siang pa
    bgini pa…bbrapa thn lalu saya bikin ajb tapi setelah ajb sdh jd knapa gak di sertai dgn sppt/pbb
    trus apa yg hrus sy lkukan jika tnh sy yg sdh di ajb bs mndptkn sppt/pbb
    terus trang sy bingung dan sy sdah menyuruh sm ptgs desa tapi gk pernh jd stiap thn sy hrus pajak tnh yg luasnya 3rb mter sdang kn tanh yg sy bli dan di ajb kn cuma 170 m

    • PBB-kita says on 10/03/2016

      Memang pak pembuatan ajb tak otomatis akan memunculkan SPPT. Untuk mendapatkan itu harus didaftarkan ke pemda bagian penerbitan PBB. Yaitu dengan mengajukan permohonan mutasi PBB.. Disana sudah disediakan formulir permohonan mutasi sebagian. Dimana tanah yang luasnya 3000 m. Akan dipecah sebagian ke atas nama bapak 170m. Dan sisanya 2830 m ke atas nama pemilik lama. Sebaiknya bapak yang mengurus sendiri ke pemda biar semuanya jelas.

  45. Tommi Putra says on 15/02/2016

    Ass. Mas mertua saya mau urus PBB, katanya kemaren sempat ada tai sudah 10 tahun tidak ada pemberitahuan lagi. dan bukti PBB yang lama tersebut sudah hilang / tidak ada lagi. Gimana caranya mengurusnya, apakah harus buat baru ?

    • PBB-kita says on 15/02/2016

      Coba periksa dulu apakah masih ada nomor objek pajaknya di desa. Atau datang ke pemda. Nanti disana sama petugas ditelusuri di database. Jika sudah tidak ada sama sekali atau ternyata sudah dihapus, bapak bisa ajukan permohonan objek pajak baru.

  46. Indah says on 03/02/2016

    Selamat siang
    (Atas berbagai pertimbangan mohon maaf komentar selanjutnya tidak bisa dimuat
    Oleh admin blog)
    Terima kasih atas perhatiannya.

    • PBB-kita says on 03/02/2016

      Untuk saudari indah. Pertanyaan tsb memang sangat membingungkan bagi saya. Disatu sisi saya ingin menambah wawasan bagi pembaca, sesuai tugas pokok dan pungsi saya. sementara disisi lain sayapun harus menjaga dan melindungi isi blog agar tak jadi bumerang buat diri saya sendiri.
      Oleh karena itu maka ada sedikit batasan antara yang relevan untuk dimuat dan yang tidak. namun kalau pertanyaan itu memang berdasarkan keterangan notaris. Maka saya tak bisa menjelaskan hal tsb karena saya secara pribadi tidak mengenal dan tidak pernah tahu ” ISTILAH” tsb.

  47. fatria says on 16/12/2015

    ASs..saya mau tnya .sy mempunyai tanh seluas 600 m.dn tanah sy srtfktnya d gandakn oleh sodara sy sndri ?yg sy heran stlh sy mngtahui kjhtn kk sy knpa pjk thnan sy tdk lg keluar sjk thn 2014 dn 2015 ini.yg sy kwtrkn apkh sppt sy jg sdh diblik nmakan oleh kk sy ?tolong jwbnya sy lg butuh jwbn.

    • PBB-kita says on 16/12/2015

      Coba ditanyakan ke Desa setempat. Jika di desa tidak ada, datang saja ke pemda. Jangan lupa bawa sppt terakhir yang masih ada di bapak.
      Nanti di pemda akan telihat apakah sppt tsb sudah di balik nama atau belumnya. Jika ternyata belum dibalik nama minta saja salinan sppt tsb.

  48. om java says on 30/11/2015

    Aslm mlkum
    Saya mau tanya tentang pembuatan objek pajak baru.
    Bagai mana jika terdapat perbedaan nama antara KTP dan AJB.. soalnya di AJB tidak menggunakan nama depan saya dan hanya nama belakang saya saja ,,,,
    Apakah itu bisa di proses ..?

    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s