mencari tahu apakah tanah yang kita beli sudah ada sppt atau belum

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 12/07/2015

banyak cara untuk mencari tahu apakah tanah yang anda beli sudah memiliki SPPT PBB. diantaranya adalah dengan menanyakan kepenjual atau kedesa setempat . jika dari keduanya dinyatakan belum memiliki sppt boleh jadi memang tanah tersebut belum dibuatkan PBBnya.

namun untuk lebih meyakinkan bahwa sppt sudah ada apa belum untuk lebih jelasnya anda bisa tanyakan langsung ke dinas pengelola pajak PBB. nanti petugas akan mencari di app komputer melalui daftar ringkas. bisa ditelusuri berdasarkan nama yang tercantum di sertifikat, atau berdasarkan alamat tanah,   atau berdasarkan zona nilai tanah (ZNT). biasanya jika keyword yang diketik tepat. maka akan segera muncul di layar data yang anda cari. Nah kalau ternyata di telusuri di bidang pbb dan bphtb juga tidak ditemukan data apapun berarti memang benar tidak ada dan anda bisa segera mengajukan permohonan pembuatan objek pajak baru. Kecuali ternyata datanya sudah ada maka anda tinggal ajukan permohonan mutasi PBB.

Comments 5

  1. haryono says on 18/10/2016

    Selamat siang…untuk mengetahui riwayat pendaftaran PBB pertama kali kemana ya ? Obyek tanah saya di Pangandaran. Saya mempunyai surat berupa daftar keterangan obyek pajak yg dibuat tgl.26 Mei 1991 atas nama adik saya yg dikeluarkan oleh KP PBB Tasikmalaya. saya curiga surat itu palsu karena tahun 1991 umur adik saya baru 16 tahun. Saya harus telusuri kemana ya untuk mengetahui keaslian surat tersebut ?

    • PBB-kita says on 18/10/2016

      datang saja ke dppkad kab. pangandaran. bawa SPPT tersebut. disana bisa ditelusuri riwayat SPOP. dari pbb bapak. namun kalau ada sebaiknya bawa sppt tahun 2016. karena kalau pbb yang 1991 banyak yg sudah terhapus.

  2. indra sari says on 08/09/2016

    Assalamualaikum pak , sy punnya PBB atas nm ibu sy yg sudah meninggal alamtnnya tertulis di pbb kurang jelas sy mau tau lokasi tanah ibu sy yg tertulis di pbb yg sy bayar bagaimn carannya pak tolong bantuannya .

    • PBB-kita says on 08/09/2016

      Ke desa saja di tanyakan. di nomor objek pajak ada nomor blok dan nomor urut tanahnya. Biasanya orang desa tahu lokasi tanah tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s