SPPT PBB TAHUN 2016 MULAI DI SERAHKAN KE DESA DAN KECAMATAN

Informasi 02/03/2016

sppt pbb 2016 di serahkan ke desaSetelah beberapa hari bidang PBB dan BPHTB sibuk dengan kegiatan cetak massal SPPT, akhirnya desa dan kecamatan secara terjadwal mulai menerima SPPT PBB 2016 Buku satu dan buku dua untuk kemudian nantinya akan dibagikan kepada para wajib pajak yang ada di wilayah kabupaten bandung barat.
Penyerahan ini di pimpin oleh kepala seksi penagihan bidang PBB dan BPHTB bapak Ate suherman. Disertai beberapa staf. pbb 2016 Dengan mempertimbangkan tanggal jatuh tempo pembayaran pbb 31 agustus 2016, diharapkan kepada petugas pelaksana di lapangan agar secepat mungkin menyerahkan SPPT tersebut ke masyarakat untuk menghindari adanya denda. Dan bagi para wajib pajak agar aktif menanyakan ke desa untuk mengambil sendiri dan segera melaksanakan kewajibaanya dalam membayar pajak bumi dan bangunan demi menyokong pembangunan di kab.bandung barat.
Kebetulan saat ini ada dua pilihan metode pembayaran yaitu ke kantor pos dan ke bank jabar banten (Bank bjb). Tinggal anda sendiri yang menentukan mana yang menurut anda paling cocok sebagai tempat bayar PBB.

oleh

UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG BAIK, GUNAKAN SUMBER DAYA YANG BAIK.

Comments 29

  1. nida says on 11/01/2018

    Bila mengurus mutasi sppt pbb mengeluarkan biaya gak ? Seandainya iya kira2 biayanya berapa?

    • PBB-kita says on 12/01/2018

      Ngurus mutasi PBB itu Gratis bu, paling jika ada tunggakan yang belum dibayar nantinya harus dilunasi dulu

      • nida says on 15/01/2018

        Pak kalo mau mutasi sppt pbb apakah wajib pakai surat BPHTB? Seandainya tidak ada BPHTB apakah bisa? Kalo mau mengurus surat BPHTB dimana ya? Mohon penjelasan alur alur mengurus mutasi sppt pbb dan bphtb, terima kasih

        • Admin says on 17/01/2018

          Surat BPHTB :Lebih baik ada tetapi kalau pun tidak ada tidak apa apa tetap masih bisa mengajukan mutasi Pbb dengan catatan ada bukti kepemilikan nya
          Mengurus Surat BPHTB datang saja ke kantor BPKD komplek pemkab bandung barat gedung c lantai 1 dengan membawa persyaratan FC ktp penjual pembeli , KK penjual pembeli , bukti kepemilikan penjual formulir bisa di dapatkan secara gratis di kantor
          Syarat Pengajuan Mutasi : fc sppt pbb , ktp pembeli, bukti kepemilikan ajb/ sertifikat/LC / surat pernyataan dari desa , formulir bisa di dapatkan secara gratis di kantor .
          Semoga jawaban nya bisa di mengerti dan bermanfaat

  2. nanik says on 14/10/2017

    Mohon informasinya yaa pak. Sy beli rumah di perumahan taman senopati cikampek tahun 2014 secara KPR Btn. Tp sampe skrg sy belum pernah menerima sppt PBB. Kemana sy harus mengambil sppt PBB tsb ?
    Syaratnya apa saja kl mau ambil sppt PBB ?
    Trimakasih

    • PBB-kita says on 14/10/2017

      Kemungkinan SPPT rumah tsb sudah ada bu, namun masih a/n pihak pengembang dan di simpan di pemasaran. Biasanya pihak pemasaran sudah melakukan balik nama sesuai luas tiap kavling ke nama pengembang dan belum ke nama konsumen, beberapa alasan diantaranya karena tanah tsb masih dalam masa angsuran, belum sepenuhnya menjadi milik konsumen.. Jika pihak pemasaran bertanggung jawab membayar tiap tahun tidaklah masalah namun banyak kasus terjadi pihak pemasaran tidak lagi merasa bertanggung jawab bayar PBB, akibatnya ketika konsumen mau balik nama ke nama konsumen, mereka diharuskan melunasi tunggakan PBB beberapa tahun kebelakang.
      Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya ibu nunik tanyakan langsung keberadaan SPPT PBB ke bagian pemasaran. Jika kata orang pemasaran belum ada, mintalah pihak pemasaran mengajukan SPPT PBB… Namun seandainya sertifikatnya sudah SHM, ibu datang saja ke pemda Kab Karawang. Ajukan permohonan untuk diterbitkan SPPT.

  3. Noer Riza says on 19/04/2017

    Malam pak.. saya mau tanya.. pd tahun 2011 saya akad kredit Perumahan di bank BTN Bekasi. sampai saat ini (April tahun 2017) sppt-pbb belum pernah saya terima.. mohon pencerahannya, kemana saya hrs mengecek sppt-pbb saya?? dan syarat yang harus dibawa apa aja? terima kasih

    • PBB-kita says on 19/04/2017

      Coba ditanya ke pemasaran, biasanya pihak pengembang perumahan sudah mendaftarkan SPPT PBB perkavlingnya. Kalau tidak ada, coba ke Dispenda(kota) atau Bapenda(kab) BEKASI. Disana bisa di cek terbit atau belumnya SPPT rumah sdr Noer.
      Di aplikasi Sismiop di bagian pelayanan PBB nanti bisa ditelusuri berdasarkan nama atau berdasarkan alamat wajib pajak dll. Lengkap kok. Gak ada syarat syarat namun sebaiknya semua data yg kira kira mendukung pada kepemilikan rumah sdr Noer dibawa untuk memudahkan petugas disana.
      Kalau ternyata kata petugas pemda tidak ditemukan/belum terbit. Yaa ajukan saja permohonan objek pajak baru. syarat dan formulir sudah tersedia di pemda, sdr Noer tinggal mengisi.

  4. Margo says on 09/02/2017

    Selamat siang. Mau tanya kalau mencari/mendapatkan SPPT tahun 2017 dimana? Karena belum dikasih sama pihak desa. Saya sudah bayar yang tahun ini (2017) dan sudah dapat bukti pelunasan. Tetapi yang diperlukan SPPT (untuk persyaratan), agunan di bank. Terimakasih

    • PBB-kita says on 09/02/2017

      Selamat siang kembali. Untuk mencari SPPT PBB Ke pemda saja. Nama dinasnya ditanya saja ke desa karena ternyata nama dinas yang mengelola PBB tidak sama di setiap pemda. Ada yang dispenda, disnanjak. DPPKAD. atau BPKD. dll. Namun kemungkinan pebruari ini banyak pemda yang masih melaksanakan cetak massal PBB. sehingga belum bisa di distribusikan ke desa.

  5. Irfan says on 15/01/2017

    Malam pak.. saya mau tanya.. pd tahun 2012 saya akad kredit untuk cluster di wilayah bandung timur.. sampai saat ini (januari tahun 2017) sppt-pbb belum pernah saya terima.. namun ada beberapa tetangga yg sudah menerima sppt-pbb.nya untuk tahun 2016.. untuk diketahui, di dalam cluster sempat ada dua developer.. mohon pencerahannya, kemana saya hrs mengecek sppt-pbb saya?? Haturnuhun..

    • PBB-kita says on 15/01/2017

      Malam juga. Coba tanya ke developer setempat. Karena biasanya developer sudah mengajukan pembuatan SPPT perkavlingnya. Kalau katanya tidak ada, bapak bisa konsultasi ke Kantor DPPK kab bandung. Lokasinya di komplek pemda kabupaten bandung- Soreang.

  6. Dellysyach says on 19/12/2016

    Saya ingin mutasi pbb/objek rumah di kantor graha raya tangerang kota tp di tolak dengan alasan sedang tidak terima berkas mutasi di karenakan sedang sibuk print out massal pbb 2017 dan akan di buka kembali pada akhir januari 2017 untuk mutasi pbb?
    Apa benar kinerja nya seperti ini…..?
    Trims

    • PBB-kita says on 20/12/2016

      Betul pak. Memang begitu cara kerjanya. Hal itu untuk memastikan bahwa semua berkas yang masuk duluan bisa selesai di proses semua dan di input ke database sebelum cetak masal 2017. Dikhawatirkan jika masih menerima berkas pengajuan. Nanti akan mengganggu kelancaran cetak masal sppt thn 2017 tsb.

  7. Wiwiek says on 28/11/2016

    Saya punya rumah, sertifikat HGB. Sejak serah terima dari developer tahun 2011, saya belum pernah bayar PBB lagi karena saya tidak menempati rumah tersebut dan tidak terima surat tunggakan PBB. Bagaimana cara pembayaran PBB untuk tahun2 yang sudah lewat ?
    Lokasi perumahan, Citra Raya, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Tangerang.

    • PBB-kita says on 29/11/2016

      Untuk bayar tunggakan pbb tahun yang lewat Gunakan saja sppt tahun terakhir.dan bayar di bank yang ditunjuk di sppt tahun ini.

  8. suci says on 05/09/2016

    pagi, kalau saya mau bayar pbb, tapi bukti pembayaran bln yang lalu hilang. bgm cara untuk bayar pbb selanjutnya. mohon info nya.
    terima ksh.

  9. eko yulianto says on 08/08/2016

    mohon info-nya pak, bagaimana cara saya utk membayar PBB rumah kebetulan lokasi rumah di bekasi, krn sejak sy beli rumah itu secara KPR sampai dgn sy lunas (SHM, IMB dll ada) sy tdk pernah mendapat sppt pajak utk pbb rumah, thx

    • PBB-kita says on 08/08/2016

      Kalau selama ini tidak pernah menerima sppt PBB datang saja ke dinas pendapatan daerah kota bekasi untuk mengajukan permohonan pembuatan objek pajak baru.
      Alamatnya

      Jl. Ir. H. Juanda No.100
      Kel. Margahayu, Kec. Bekasi Timur

      No Tlp. (021) 88397963, 88397965
      B E K A S I

      Namun jika tanah pak eko berada di wilayah kabupaten bekasi, coba kunjungi blognya https://uptdpdwil3.wordpress.com

  10. Lembaga Cerdas Al-Qur'an says on 22/07/2016

    Salam, Pak saya punya rumah KPR BTN di Bukit Permata Desa Cilame, Ngamprah KBB. Sejak mulai dihuni tahun 2001 hingga sekarang 2016 belum pernah menerima SPPT PBB. Saat ini saya sudah selesai angsuran dan telah menerima AJB. Pertanyaan saya :
    1. Apakah untuk mengurus dari AJB sampai menjadi surat SHM harus terlebih dulu menyelesaikan PBB ?
    2. Bagaimana Prosedur mendapatkan SPPT PBB secara mudah?

    • PBB-kita says on 22/07/2016

      Dari ajb ke SHM tidak mesti harus membuat dulu PBB an bapak. Paling yang harus di bayar saat pengajuan ke srtifikat adalah BPHTB ( Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan). Jika nilai tanah tsb diatas 60 juta. Misalnya nilai tanah tsb 75 jt, maka yg harus di bayar adalah 75 jt dikurang 60 jt =15 juta dikali lima persen= Rp 750rb . (60 jt adalah batas tidak kena BPHTB)
      Untuk pertanyaan kedua. Ajukan saja mutasi PBB an bapak ke kantor di dppkad lantai dasar gedung c. Di mekarsari ngamprah.Bisa pakai ajb. Sebenarnya jika ingin mudah yaa harus lengkap persyaratannya itu saja.

  11. Cucu Suryana says on 13/06/2016

    boleh minta pencerahan, saya di daerah pedesaan kab Bandung, selain pbb dipungut jg iuran desa nilainya hampir 50% dari total bayar pajak. apakah ada aturannya? trims

    • PBB-kita says on 13/06/2016

      Bayar saja pbb nya. Mengenai aturan admin tidak tahu pasti, yang jelas itu bukan aturan pemda melainksn peraturan yang di buat desa. Di bandung barat tahun ini ada beberapa kecamatan yang desa desanya sudah tidak lagi memungut iuran desa terkait kerancuan masalah legalitas iuran tsb.

  12. atmo (@wirryo) says on 18/04/2016

    Mohon informasi pak, siapa yang sebenarnya punya tugas untuk menyampaikan SPPT PBB ini agar sampai ke pemiliknya? Aturannya seperti apa? Karena di daerah saya, ketua RT mendapat tugas membagi ini. Cilakanya ada yang sudah bertahun – tahun tidak diambil. Akhirnya jadi beban pengurus RT. Mohon pencerahan pak Bos. terima kasih sebelumnya. Salam taat bayar pajak.

    • PBB-kita says on 18/04/2016

      Aturannya dibawah 100 rb itu oleh pegawai desa.Mungkin pegawai desa gak tahu alamat wajib pajak yang ada di wilayah kerja pak RT. Atau bisa jadi desa kekurangan tenaga utk melakukan penagihan. Jika memang menumpuk karena tidak diambil pemiliknya sebaiknya kembalikan saja ke desa.

  13. Jembar Mulyana says on 12/04/2016

    Sebaiknya SPPT tidak perlu di distribusikan ke Kecamatan atau Kelurahan.
    SPPT dan STTS langsung dicetak saja setelah WP bayar PBB di Bank.
    Efisien dan efektif.
    1. Wajib pajak tidak perlu ke Kelurahan/Kecamatan.
    2. Hemat biaya percetakan/beban kerja camat/lurah dan arsip tidak bertumpuk disana.

  14. sucipto says on 06/03/2016

    Pa saya kebetulan tinggal Di Jakarta tahun ini saya terima tagihan pajak bumi bangunan biasanya sekitar 54 ribuan.sekarang saya sudah terima pbb 2016 yang harus dibayar nol rupiah. Apakah Ada orang lain yang sudah bayar pbb milik saya atau bagaimana. Terus terang saya belum mengerti cara bayar pbb sekarang. Karena saya selama ini taat bayar pbb Terima kasih sebelumnya.

    • PBB-kita says on 06/03/2016

      Kalau tidak salah di jakarta sppt pbb tahun 2016 ini untuk nilai dibawah satu miliar memang dihapuskan pak. Data data tetap di cetak dan dibagikan, namun nilai pajak yang harus dibayar ditulis nol rupiah. Berarti bapak tidak harus bayar Pbb selama nilainya nol. Nanti jika nilai jual objek pajak atau NJOP tanah bapak sudah naik di atas satu miliar. Mungkin bapak akan dikenakan lagi kewajiban bayar pbb tsb. Dan tidak akan tertulis nol lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s