AWAL PEMBAYARAN PBB TH 2018

Informasi pembayaran pajak bumi bangunan 01/12/2017

Bagi anda yang perlu informasi mengenai kapan kira kira anda bisa mulai membayar PBB untuk tahun 2018?

Walau belum pasti, karena SPPT kebetulan belum di cetak, namun diperkirakan sekitar pertengahan april 2018 anda sudah bisa melakukan pembayaran pbb thn 2018.

Kalau akhir april anda belum terima tagihan PBB 2018, sebaiknya anda gunakan sppt yg thn sebelumnya sbg pedoman saat melakukan pembayaran . atau anda bisa menunggu terima yg thn 2018 dulu, itu lebih baik biar lebih akurat jumlah pajak yang harus anda bayar.

Namun jika sampai akhir bulan juni masih belum MENERIMA SPPT, anda bisa mendatangi kantor desa atau kecamatan untuk mengambil sendiri sppt anda. Ingat jangan sampai lewat jatuh tempo nanti kena denda. atau anda tanyakan langsung ke instansi pengelola PBB di pemda setempat. Melalui BIDANG PBB DAN BPHTB.

SEKEDAR INFORMASI

BAHWA PENGELOLAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SAAT INI TIDAK LAGI DIKELOLA OLEH KANTOR PAJAK PRATAMA, TAPI SUDAH DI SERAHKAN KE PEMDA MASING MASING.

jadi bagi anda yang masih bingung silahkan anda datang ke pemda

KHUSUS WILAYAH KABUPATEN BANDUNG BARAT TUNGGU PEMBERITAHUAN SELANJUTNYA DI BLOG INI

Comments 43

  1. Eva says on 14/08/2018

    Semenjak saya beli rumah 15 tahun yang lalu, saya belum pernah bayar PBB dan rumah tersebut akan saya jual, bagaimana caranya saya bayar PBBnya dan syarat dokumen yang harus dibawa apa saja?

      • Eva says on 14/08/2018

        Saya belum pernah terima PBB nya juga. Lallu saya harus bayar kemana dan dokumen apa yang saya bawa?

        • PBB-kita says on 14/08/2018

          Ajukan saja permohonan pembuatan objek pajak baru PBB ke pemda.. sayangnya admin tidak tahu domisili ibu di pemda mana,. ke desa saja tanyakan nama dinas yang mengelola pajak PBB di daerah ibu, ( kalau kebetulan ibu berada di bandung barat, datang ke BPKD KBB di lantai dasar gedung C ) sekalian minta surat keterangan belum pernah terbit SPPT PBB di desa, kelengkapan untuk membuat op baru PBB di antaranya AJB, KTP, dan mengisi formulir SPOP/LSPOP yang sudah di sediakan di pemda

  2. Edy Humaedi says on 11/05/2018

    Mengapa di SPPT PBB tahun 2018 muncul juga tagihan PBB tahun? 2012. Padahal saya dan sebagian warga yang lain sudah membayarnya.

  3. Nurlinda says on 10/04/2018

    Mau tanya pak… Waktu itu tanah kosong belum ada bangunan dan sekarang sudah ada bangunan dan sudah ada sensus yang survey… Lalu sppt sudah terbit dan ada 2 tagihan yang tanah kosong dan ada bangunan… Bagaimana ini pak?? Masa saya harus bayar 2x???

    • PBB-kita says on 10/04/2018

      Lihat saja bu, nop yang mana yang selama ini selalu ibu bayar, jika yang tanah kosong ibu selalu bayar maka minta untuk di betulkan dengan menambahkan data bangunannya saja ke pemda, namun jika selama ini yang masih tanah kosong belum pernah ada pembayaran ya ambil yang sudah ada bangunannya sekarang untuk di tetapkan sebagai SPPT yang sah dan kembalikan ke petugas PBB yang masih tanah kosong untuk di hapus.

  4. Irda says on 01/04/2018

    Sudah 2 minggu ini saya tdk bisa bayar pajak secara online lewat BJB… Khususnya u wilayah bandung. Kapan semua ini bisa normal kembali…. Krn saya sndri skr sedang berada di luar kota. Terima kasih

  5. Dela says on 28/03/2018

    Saya mau menanyakan perihal SPPT PBB Tahun 2018 kapan keluarnya? Sehubungan dengan BPHTB yang mewajibkan membayar PBB 2018 terlebih dahulu, apakah saya perlu meminta SK NJOP? Jika ya, bagaimana prosedur (dimana dan syarat apa saja) untuk meminta SK NJOP?

    • PBB-kita says on 28/03/2018

      Tidak perlu minta sk njop lagi bu, karena sppt PBB sudah keluar, tanya saja ke kelurahan, jika di kelurahan tidak ada ibu datang ke pemda s as ja

    • Jemy says on 28/03/2018

      Saya mau Bantu Jawab BU, PBB kecamatan saya baru keluar nih (Kab Bekasi Kec Cikarang Selatan), kasus saya sama seperti Ibu, saya butuh SK NJOP Untuk Jual beli rumah, bayar PPH FInal dan BPHTB. karena baru keluar, Surat SPPT Belum saya terima, maka saya Minta ke PEMDA SK NJOP Nya.., ada di Pemda biasanya bagian PBB. Ibu bisa buat SK NJOP dengan syarat data NJOP2018 sudah ada…. trims

      • PBB-kita says on 28/03/2018

        Terima kasih pak jemy atas jawabannya, semoga pembaca yang lain pun bisa berbagi informasi seperti ini,. tidak ada ruginya kita saling membantu,

        • Jemy says on 28/03/2018

          Ya Admin PBB-KIta, saya senang bisa membantu, karena kebetulan apa yang Ibu Dela Alami sama persis dengan saya, karena saya Akad Kredit Tertunda karena Kurangnya PBB 2018, jadi saya terus menunggu Info dari Pemda, baru Hari ini data NJOP masuk, dan karena SPPT saya belum dapat, maka sementara saya minta Buatkan SK NJOP aja agar lebih mudah. Semoga bisa bermanfaat buat Semua…

          • PBB-kita says on 28/03/2018

            Ya pak betul sekali, karena keterbatasan admin menjangkau informasi dari luar kabupaten bandung barat maka orang orang seperti bapak ini lah yang diharapkan bisa memberikan jawaban seakurat mungkin,
            salam dari admin.

  6. Jemy says on 10/03/2018

    Assalamualaikum pak, Mau tanya, Saya sedang proses Jual Beli Rumah dan di butuhkan SK NJOP tahun saat ini 2018. Namun karena PB belum keluar apakah kita bisa tetap buat SK NJOP di Pemda ?. Mhn konfirmasinya… Trims

      • Jemy says on 10/03/2018

        waktu bulan februari pernah ke Pemda, katanya tunggu data Masuk dulu dari kecamatan. itu yang jadi bingung. Harusnya bisa ya pak…

        • PBB-kita says on 10/03/2018

          Iya, mungkin karena ada rencana perubahan NJOP thn 2018 dari tahun sebelumnya. Makanya pemda tidak bisa mengeluarkan sk njop tsb sebelum data valid terkumpul. Tapi jika sampai bulan ini masih belum bisa juga barangkali ada kendala lain.

  7. Anton says on 20/02/2018

    Dear PBB Kita, saya mau menyanyakan mengenai pembuatan PBB baru. Orang tua sy membeli rumah diperum 2 parungpanjang Kab Bogor dan diberikan ke sy. Setelah 2 th sy tinggal disana kok PBB ga kunjung diberikan oleh pihak RT setempat, karena penasaran sy tanyakan langsung ke Pak RT dan dijawab tidak ada, sy cek ke tempat UPT PBB diarea perumnas 2 bahwa alamat rumah sy tersebut blm ada PBB nya . Feb 2018 ini kan infonya ada pemutihan PBB di KAB Bogor.Tapi dokumen yg sy miliki hanya sertifikat rumah atas nama pemilik lama dan Dok IMB. Apa yg harus sy lakukan, sy betul betul bingung.Mohon pencerahanya. Terima Kasih.

    • PBB-kita says on 20/02/2018

      Iya pa, sebenarnya banyak alternatif yang bisa dipakai untuk mengajukan permohonan objek pajak baru
      Misalnya bapak bisa ajukan itu dengan sertifikat tanah pemilik sebelumnya tetapi menyertakan bukti lain seperti kwitansi jual beli kalau tidak ada AJB disertai surat keterangan belum di aktakan dari kepala desa setempat. Atau jika pemilik lama masih ada bisa mengajukan permohonan op baru tsb ke atas nama pemilik lama dulu, nanti jika sudah di buatkan ajb nya bisa di balik nama lagi ke nama pak anton. Cuma prosesnya jadi dua kali pengajuan,
      Yang paling bagus memang harusnya di buatkan akta jual beli nya dulu baru di mohonkan terbit SPPT PBB nya.
      Tetapi biasanya jika itu adalah komplek perumahan umumnya sudah ada sppt nya atas nama pengembang, baik berupa sppt kavling ataupun sppt induk. Jadi jika kebetulan pengembangnya masih ada bisa ditanya ke pengembang perumahan. Untuk lebih jelasnya bisa diminta solusinya ke UPTD PBB disana karena kebijakan Pemda kabupaten Bogor mungkin berbeda.

  8. songdims says on 24/01/2018

    Saya ingin membayar SPPT 2018 di bulan Februari , padahal baru terbit di Bulan April 2017. Mekanismenya bagaimana ya….

    • Admin says on 24/01/2018

      Terima kasih sudah mengunjungi situs PBB Dan BPHTB Kab.Bandung Barat
      untuk Pembayaran PBB Tahun 2018 baru bisa di lakukan setelah kami melaksanakan cetak massal dan membagikan nya kepada masyarakat
      perlu diketahui pencetakan SPPT PBB Tahun 2018 baru akan di mulai bulan Februari 2018 dan akan disebar sekitar bulan maret april 2018 jadi bapak bisa melakukan pembayaran sekitar bulan april 2018 sampai bulan Agustus 2018. Apabila SPPT Tahun 2018 belum di terima , bapak bisa menggunakan SPPT PBB Tahun 2017 untuk melakukan pembayaran di Bank Jabar atau di Kantor Pos .
      Terima Kasih.

  9. Teja says on 17/10/2017

    Saya tinggal di cengkareng , tegal alur dan pertanyaan saya adalah saya ingin mendapatkan salinan sppt pbb tahun 2013- 2017 dan audah mendatangi dispenda terdekat didaan mogot. Dengan membawa slip pembayaran asli dari bank dki dan slip pbb tahun 2012 tapi sulit untuk mendapatkan salinan sppt pbb tersebut ya Pak. Mohon di bantu

  10. korie says on 27/12/2016

    mau tanya dong pak NJOPTKP th 2016 berapa ya pak apakah sama seperti th 2015 sebesar 15 juta, thanks pak

  11. danyza says on 29/08/2016

    Apakah pembuatan pbb baru harus bayar 5th terakhir?
    Padahal kan pengajuan baru ada yg bilang harud bayar 5th kebawah

    • PBB-kita says on 29/08/2016

      Harus bayar lima tahun Itu bagi yang kepemilikan tanahnya sudah lama Namun baru sekarang mengajukan PBB nya
      tapi kalau kepemilikannya belum lima tahun, Biasanya di hitung mulai tahun terjadinya jual beli.

  12. rina says on 14/06/2016

    saya mau minta penerbitan baru SPPT dari thn 2015, tapi sampai hari ini masih belum keluar pak,sudah mau 1 thn saya harus kemana yach pak?

  13. puspita says on 16/05/2016

    Selamat pagi/siang/sore/malam pak. Kakak ayah saya telah meninggal sekitar 5 tahun yang lalu, istrinya meminta kartu keluarga saya. Dia bilang sudah semenjak suaminya meninggal belum membayar pbb, dan kali ini ingin membayar pbb tapi dengan syarat ada photocopy kartu keluarga+identitas keluarga lain (ayah saya pernah masuk kk nya). Apakah hal tersebut benar? Saya takut ada penyalahgunaan dokumen oleh istri kakak ayah saya. Terimakasih.

  14. Arnika says on 30/04/2016

    assalamualaikum
    pak mau nanya . SPPT PBB. untuk desa apakah sudah keluar. soal nya kok keluarga saya belum dapat. sampe ini mau masuk bulan mei. . karena keluarga saya butuh SPPT untuk balik nama sertifikat tanah.
    wassamualikum.

    • PBB-kita says on 30/04/2016

      SPPT sudah keluar. Kalau nunggu di antar mungkin agak lama karena jumlah SPPT ribuan dengan jumlah petugas yang terbatas. Sebaiknya di minta langsung saja ke desa biar cepat

  15. happy gracia says on 29/03/2016

    Malam Pak. Saya mau tanya apakah alamat di PBB dapat berbeda dengan alamat pembayaran tagihan air ke PDAM? Karena di PBB tertulis PT Citra Tama Adigraha, kel Bligo kec Candi Sidoarjo. Sedangkan di bukti pembayaran tagihan air (9/2015) tertulis Mutiara Citra Graha F2/2. Bagaimana ya Pak? Saya bingung

    • PBB-kita says on 29/03/2016

      bisa berbeda. dan banyak terjadi. biasanya kalau tagihan pbb lebih cenderung ditujukan ke alamat dimana objek pajak berada.. atau ke alamat pemilik tanah tsb sesuai bukti kepemilikan yang ada saat mendaftarkan op PBB terakhir kali. sementara untuk PDAM kan bisa ke alamat juru bayar yang nantinya bertanggung jawab membayar tagihan Air.. jadi gak perlu bingung deh.. asalkan alamat tsb memang benar ada dan sesuai data dlm sppt PBB. tapi kalau ternyata alamat objek dan subjek pajak tidak benar, sebaiknya dibetulkan ke pemda.

  16. Benny says on 16/03/2016

    Mau tanya doang saya kan lagi mau jual rumah nih dan dibutuhkan pbb tahun 2016 itu kapan keluar ya???

    • PBB-kita says on 16/03/2016

      sudah di cetak pa. Tinggal nunggu di antar ke rumah masing masing. Atau minta ke desa biar cepat.

  17. Dito Raharjo says on 08/03/2016

    Yth Bapak Pengurus PBB-Kita

    Saya sedang malakukan transaksi jual beli rumah bulan Maret ini. Ada kewajiban untuk melunasi PBB yg belum dibayar oleh Notaris. Pertanyaan saya terhitung berapa tahun kebelakang kewajiban membayar PBB yg harus saya lunasi karena setelah di print out dari Dispenda Kab Bogor terhitung dari tahun 1998 sampai 2016 (19 tahun kebelakang) dan di tahun 1998, 1999, 2000, 2001, 2002, 2003, 2005 dan 2016 yg belum terbayar. Selama ini rumah saya kontrakan, mohon penjelasannya. Terima kasih

    • PBB-kita says on 09/03/2016

      Sulit menjawabnya pak. Karena setiap pemda punya kebijakan berbeda.. Tapi sebaiknya dibayar semua. Plus denda 48 persen. .. Tapi kalau pak dito yang datang langsung ke bagian PBB saya kira bisa minta kebijakan .

      • Dito Raharjo says on 10/03/2016

        Iya pak..
        Waktu saya tanyakan ke Notaris yg mengurus AJB tersebut, dijawab ini adalah peraturan yg baru. Untuk yg 10 tahun kebelakang adalah peraturan yg lama.
        Sungguh kecewa karena kita bayar pajak tapi sarana umum seperti jalan raya rusak semua tidak ada perhatian dari PEMDA

        • PBB-kita says on 10/03/2016

          Kalau menurut saya sebaiknya untuk urusan bayar PBBnya bapak sendiri yang langsung menghubungi bagian pengelola PBB di kabupaten. Biar jelas dan bukan ” katanya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s