MASALAH KEBERATAN ATAS NJOP PBB YANG TERLALU TINGGI

Informasi 18/02/2018

Pernahkah anda membandingkan NJOP PBB yang tercantum di SPPT anda dengan punya tetangga sebelah ?
Apakah sama nilainya atau berbeda ? Jika nilai NJOP di SPPT PBB anda lebih rendah dari tetangga, pasti anda memilih diam saja..
Namun bagaimana jika nilainya lebih tinggi, Apakah anda bisa mengajukan keberatan ? Tentu saja bisa.. Tapi diharapkan anda jangan terburu buru mengajukan keberatan.. Karena beberapa hal bisa jadi penyebab perbedaan tsb.. Salah satu contoh misalnya tanah yang berada di pinggir jalan utama tentu akan berbeda NJOPnya di banding tanah yang berada jauh dari pinggir jalan. Karena nilai jualnya juga berbeda. Atau tanah yang berada di lokasi perumahan akan berbeda dengan tanah hunian yang bukan komp. Perumahan.. Dll.

Pada prinsipnya penentuan NJOP di SPPT PBB kita berpatokan pada zona nilai tanah atau ZNT di wilayah tsb.. ZNT berkaitan dengan harga pasar..
Pada kenyataan di lapangan.. NJOP PBB yang tercantum di SPPT PBB masih di bawah harga pasar..
Contoh : wilayah komplek setraduta.. Yang Rata rata NJOP nya th 2014 Rp.3.375.000.. Apakah nilai harga pasar yang sebenarnya sesuai ? Anda tinggal telp nomor hp warga yang mau jual tanah di komplek tsb..
Kembali ke masalah keberatan atas NJOP.. Seperti yang dikemukakan di atas.. Anda bisa mengajukan keberatan atas NJOP yang menurut anda terlalu tinggi..

SYARATNYA.

1. KTP
2. Surat keterangan dari desa
3. Tanda bukti kepemilikan / sertifikat yang namanya sesuai dengan yang tercantum di SPPT.
4. SPPT PBB yang akan di ajukan.
5. SPPT PEMBANDING.

Hasilnya nanti ada dua kemungkinan..

Bisa Njop PBB anda yang turun.. Atau sebaliknya malah NJOP pembanding yang asalnya lebih rendah dinaikan menjadi sama dengan NJOP di SPPT anda saat ini.